Sabtu, 31 Agustus 2013

Fakta Tentang Hari Minggu

1. Hari Minggu adalah hari di mana Allah "beristirahat"/berhenti dari semua penciptaan alam-Nya di bumi yang dianggap telah tuntas.

2. Kata "minggu" berasal dari bahasa Portugis, "dominggus", yang berarti "Tuhan". Jadi secara hurufiah hari minggu adalah hari Tuhan.

3. Bersamaan dengan itu, hari minggu sebagai hari yang telah dinobatkan milik Tuhan adalah hari kebangkitan Tuhan Yesus.

4. Makna "ibadah di hari minggu" oleh umat Kristen adalah sebagai perayaan hari kemenangan Yesus Kristus yang telah bangkit dari kematian. Ini adalah tradisi lisan yang diturun-temurunkan oleh para rasul.

5. Arti "Sabat" bukan berarti Hari Minggu dan bukan juga Hari Sabtu. Dalam Bahasa Ibrani, Sabat adalah Perhentian dan sama sekali tidak merujuk pada satu hari.

6. Di Indonesia dan dibeberapa negara lainnya, Hari Minggu dinyatakan sebagai hari libur nasional. Ini ada kaitannya dengan penjajahan, yang di mana Belanda ingin hari Minggu dijadikan hari libur seperti pada negaranya yang kemudian diwariskan oleh Bangsa Indonesia hingga kini.

7. Hari Minggu adalah hari pertama dalam sepekan.

8. Hari Minggu butuh waktu selama 6 hari untuk menuju Hari Sabtu namun hanya butuh satu hari untuk Hari Sabtu menuju ke Hari Minggu.

9. Walau banyaknya diskriminasi tentang warisan dari negara Belanda ini, namun kenyataannya semua menikmati dan menantikan hari Minggu.

10. Dalam Bahasa Inggris, Sunday (Minggu) adalah berarti "Hari Matahari" (sun - matahari, day - hari) yang dikaitkan dengan hari pagan. Namun Kekristenan tidak pernah mengaitkan tradisi pagan dalam peribadatannya, sebab Yesus Kristus adalah center/pusat perhatian dalam pertemuan ini.

11. (Silahkan ditambahkan)

Selamat Hari Minggu dan Selamat Beribadah

Tuhan Yesus Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar